Tenggarong, Selasa 8 Agustus 2017, bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan  Negeri Tenggarong Kelas 1B, mengadakan acara Pengantar Alih Tugas Bapak Ari Prabowo,SH dari Hakim Pengadilan Negeri Tenggarong Kelas 1B menjadi Hakim Pengadilan Negeri Kupang Kelas 1A.
Acara tersebut dihadiri Keluarga Besar Pengadilan Negeri Tenggarong Kelas 1B dan tamu undangan dari rekan kerja yang bersangkutan baik dari Rekan  Kejaksaan Negeri Kutai Kartanegara dan Rekan Advokat/Pengacara.

(Gambar 01. para tamu undangan)

(gambar 02. Ketua PN. Tenggarong memberikan cinderamata dan ucapan selamat kepada Bapak Ari Prabowo,SH)

Dalam acara tersebut Bapak Ari Prabowo,SH  mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan, partisipasi dari semua pihak khususnya dari seluruh hakim, Pejabat Sturktural, Pejabat Fungsional, Seluruh Staf Pegawai dan karyawan / ti yang telah membantu beliau dalam menjalankan tugas sehari-hari demi kemajuan Pengadilan  Negeri Tenggarong Kelas 1B.  Apabila ada salah khilaf mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh keluarga besar Pengadilan  Negeri Tenggarong Kelas 1B dan instansi terkait. Tidak lupa sambutan yang diberikan oleh Ketua Pengadilan  Negeri Tenggarong Kelas 1B Bapak H. Makmur,SH.,MH  dalam Acara Pengantar Alih Tugas tersebut. Dalam sambutan Bapak Ketua Pengadilan  Negeri Tenggarong Kelas 1B memberikan ucapan selamat kepada Bapak Ari Prabowo,SH yang pindah tersebut semoga sukses ditempat yang baru. Acara tersebut berlangsung khidmat dan akhir penutup acara dengan foto bersama.

(Gambar 03. Ibu Ari Listyawati,SH sekaligus Panitia Pelaksana acara memberikan cinderamata sekaligus ucapan selamat)



(Gambar 04. Foto Bersama)

Tenggarong, setiap bulannya Pengadilan Negeri Tenggarong mengadakan rapat untuk evaluasi-evaluasi serta kendala yang menyangkut kinerja pegawai dan upaya solusi yang dilakukan, rapat pada kali ini dilaksanakan di ruang serbaguna Pengadilan Negeri Tenggarong, pada hari kamis tanggal 31 Juli 2017 tepatnnya pukul 08.10 Wita.

Rapat bulanan ini langsung di pimpin oleh ketua Pengadilan Negeri Tenggarong Bapak H. Makmur,SH.,MH didampingi Wakil Ketua Pengadilan Negeri Tenggarong Bapak Jon Sarman Saragih,SH.,M.Hum, Panitera Pengadilan Negeri Tenggarong Bapak Hariadi,SH serta Sekertaris Pengadilan Negeri Tenggarong Bapak Mudarisuddin,S.Sos bertindak sebagai Notulen Rapat Bulanan ini, dan karyawan karyawati beserta Hononer Dipa dan Pemda Pengadilan Negeri Tenggarong.

Dalam Rapat Bulan ini Ketua Pengadilan Negeri Tenggarong menyampaikan menyangkut penilaian akreditasi untuk akreditasi dan penilaian tidak ada perubahan nilai, tidak ada penyerahan sertifikat akreditasi hanya ada SK perpanjangan akreditasi. Lebih lanjut Ketua Pengadilan Negeri Tenggarong menyampaikan jika register pidana manual dan register SIPP harus di singkronasikan.

Dalam rapat ini Wakil Ketua Pengadilan Negeri Tenggarong, turut memberikan pengarahan. Dalam pengarahannya, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Tenggarong menekankan 3 hal yang perlu diperhatikan diantaranya menyangkut kebersihan dan kerapian kantor Pengadilan Negeri Tenggarong, peningkatan disiplin kinerja para karyawan karyawati dalam menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing, serta kecepatan Penanganan Perkara dan Penyelesaian Perkara agar lebih ditingkatkan kembali.

Demikian setelah tidak ada yang sisampaikan dan dirasa telah cukup maka rapat ini selesai dan ditutup oleh Pimpinan Rapat Bulanan Yaitu Ketua Pengadilan Negeri Tenggarong Bapak H. Makmur,SH.,MH dengan ucapan hamdalah dan dengan harapan supaya terjalin kerjasama dengan baik.

Tenggarong, Pada hari Kamis,tanggal 01 Juni 2017 sekitar pukul 08.00 WITA, bertempat di halaman kantor Pengadilan Negeri Tenggarong telah berlangsung Upacara dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila yang dipimpin oleh Bapak Jon Sarman Saragih,SH.,M.Hum yang bertindak sebagai pembina upacara, bapak Mudarissudin,S.Sos selaku Sekretaris Pengadilan Negeri Tenggarong Inspektur Upacara, Bapak H.M.Albaidani,SH selaku Kassubag. Umum dan Keuangan Pengadilan Negeri Tenggarong sebagai Komandan Upacara.

(Gambar01.Rapat Koordinasi Sebelum Pelaksanaan Upacara)

(Gambar02. Laporan Komandan Upacara kepada Pembina Upacara)

Petugas yang bertindak sebagai pengibar bendera merah putih adalah M. Fathur Al Fattah, M.Yusuf, dan M. Shobirin Noor, Dilanjutkan dengan pembacaan teks pancasila oleh Pembina Upacara dan pembacaan teks pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 oleh M. Husni Upacara yang diikuti oleh seluruh para pejabat dan staf Pengadilan Negeri Tenggarong tersebut berlangsung tertib dengan susunan acara yang dibacakan oleh Roulina Sidebang,SH dan ditutup doa yang dibacakan oleh Panggih Nugroho,SH.

(Gambar03. Upacara di hadiri Para Hakim Pengadilan Negeri Tenggarong)

(Gambar04. Seluruh Jajaran Khidmat Melaksanakan Upacara Memperingati Hari Lahir Pancasila)

Guna memperingati Hari Lahir Pancasila yang tepat jatuh pada tanggal 01 Juni 2017, Pada pukul 08.00 WITAPengadilan Negeri Tenggarong melaksanakan Upacara Bendera secara khidmat dan sederhada di halaman kantor, Hal ini mengacu pada Surat Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor: 204/SEK/HM.01.2/5/2017 tanggal 26 Mei 2017, perihal Penyelenggaraan Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2017.

(Gambar05. Foto Bersama sebagai wujud suksesnya pelaksanaan Upacara Hari Lahir Pancasila)

Tenggarong, Pada hari Kamis, tanggal 18 Mei 2017, Pengadilan Negeri Tenggarong mendapat kunjungan Direktur Pranata dan Tata Laksana Perkara Perdata Mahkamah Agung RI dengan rombongan yang terdiri dari Bapak Aman Mulyana,SH , Ibu Sudiasih,SH.,MH, dan Ibu Wiwi Widyaningsih,SH.

Rombongan tersebut mengunjungi dalam rangka Mengimplementasikan Berkas Perkara Perdata serta memonitoring permasalahan pemberkasan Perkara baik Kasasi maupun Peninjauan Kembali (PK) pada Pengadilan Negeri Tenggarong.

Kunjungan Tim tersebut disambut baik oleh Ketua Pengadilan Negeri Tenggarong didampingi Wakil Ketua Pengadilan Negeri Tenggarong dan Hakim, Panitera, Sekretaris serta Seluruh Jajaran Pegawai Pengadilan Negeri Tenggarong.

Dalam impelentasi serta memonitoring permasalahan pemberkasan perkara kasasi dan peninjauan kembali (PK) tersebut, tim menyampaikan bahwa saat ini masih adanya pengiriman pemberkasan Kasasi maupun peninjauan Kembali yang berkasnya belum lengkap. Ditegaskan dalam pengiriman berkas pada surat pengantar dan juga ada amplop harus sudah ada barcode sebagai sarana untuk memperlancar dalam upaya mengklasifikasikan jenis surat/berkas tersebut.

Tenggarong, Pada Hari Rabu Tanggal 19 April 2017 Pukul 09.00 Wita Pengadilan Negeri Tenggarong mengadakan Rapat dengan POSBAKUMADIN Cabang Kutai Kartanegara tentang Penandatanganan MoU POSBAKUMADIN dengan Pengadilan Negeri Tenggarong Kelas IB,

Pengadilan Negeri Tenggarong Kelas IB untuk memberikan akses yang seluas-luasnya kepada masyarakat untuk memperoleh keadilan termasuk akses untuk memperoleh keadilan bagi masyarakat yang tidak mampu menyelenggarakan kegiatan pemberian layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu.

Hal tersebut dengan mengacu pada ketentuan pemberian layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu pada pengadilan dengan berpedoman pada Peraturan Mahkamah Agung nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.

Berdasarkan ketentuan tersebut, setiap pengadilan dibentuk Posbakum Pengadilan dengan memberi layanan berupa Pemberian informasi, konsultasi atau advis hukum, Bantuan pembuatan dokumen hukum yang dibutuhkan, Penyediaan informasi daftar organisasi bantuan hukum sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2011 Tentang Bantuan Hukum atau organisasi bantuan hukum atau advokat lainnya yang dapat memberikan bantuan hukum  Cuma-Cuma.

Oleh karena, Pengadilan Negeri Tenggarong Kelas IB telah melaksanakan kerjasama secara perorangan dengan advokat pada periode tahun 2017 dan akan berakhir pada tanggal 31 Desember 2017 serta kerjasama yang dimaksud menurut ketentuan adalah kerjasama kelembagaan dengan pemberi layanan Posbakum Pengadilan maka Ketua Pengadilan Negeri Tenggarong Kelas IB mengeluarkan Surat Keputusan Nomor W18-U4/898 /UM.04 /IV/2017 Tentang Perjanjian Kerjasama antara PUSBAKUMADIN Cabang Kutai Kartanegara dengan Pengadilan Negeri Tenggarong Kelas IB Tahun 2017.

Pengadilan, yang telah disetujui bersama masing-masing pihak menjadi Memorandum Of Understanding (Mou) Posbakumadin Pengadilan Negeri Tenggarong Kelas IB Tahun Anggaran 2017.

hari Rabu tanggal 19 April 2017 resmi menadatangani Memorandum Of Understanding (Mou) Posbakumadin Pengadilan Negeri Tenggarong Kelas IB Tahun Anggaran 2017.

Bapak H.Makmur, S.H.,M.H., berharap dengan terlaksananya kerjasama kelembagaan ini membuka akses yang seluas-luasnya kepada masyarakat yang tidak mampu untuk memperoleh keadilan berupa pemberian informasi, konsultasi, atau advis hukum, bantuan pembuatan dokumen hukum yang dibutuhkan serta bantuan hukum dari lembaga bantuan hukum secara Cuma-cuma

 

Layanan Prima, Putusan Berkualitas!