Tenggarong, Bulan puasa pada tahun ini 2018 jatuh pada hari kamis tanggal 17 Mei 2018, Pengadilan Negeri Tenggarong menggelar Buka Puasa Bersama dengan terjadwal 2 kali menggelar buka puasa bersama yaitu pada hari Rabu tanggal 23 Mei 2018 dan pada hari Selasa tanggal 5 Juni 2018. Namun pada kesempatan ini menggelar puasa bersama pada pengadilan negeri tenggarong mengundang instansi terkait serta Yayasan santunan anak yatim yang ada di kawasan wilayah tenggarong.

(Gambar 01. Gambar sebelah kiri-Buka Puasa hari Rabu tanggal 23 Mei 2018 dan gambar sebelah kanan-Buka Puasa hari Rabu tanggal 5 Juni 2018)

(Gambar 02. Buka puasa bersama PN Tenggarong, Instansi terkait dan

para undangan lainnya

(Gambar 03. Ketua PN Tenggarong memberikan santunan secara simbolik

kepada Yatim Piatu)

Kegiatan tersebut terlaksana atas swadana hakim Pengadilan Negeri Tenggarong. Dalam acara tersebut meliputi Tausiah dilanjutkan pemberian santunan kepada anak yatim secara simbolik dan selanjutnya buka puasa bersama seluruh pegawai Pengadilan Negeri Tenggarong. Ketua Pengadilan Negeri Tenggarong, Bapak H. Makmur, S.H., M.H. mengungkapkan dalam sambutannya bahwa kegiatan tersebut sebagai perwujudan rasa syukur dalam menyambut bulan Ramadhan tidak hanya bagi kami melainkan rasa syukur kami ini berbagi terutama kepada Anak Yatim, amin ya rabbal alamin.

(gambar 04. Menyantap hidangan yang disediakan)

Tenggarong, Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2016 menentukan bahwa tanggal 1 Juni 1945 ditetapkan sebagai hari lahir Pancasila. Selain itu, Keppres tersebut juga menentukan bahwa tanggal 1 Juni merupakan hari libur nasional dan pemerintah bersama seluruh komponen bangsa dan masyarakat Indonesia memperingati hari lahir Pancasila.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas dan sesuai pula dengan surat Sekretaris Mahkamah Agung RI No. 318/SEK.00/05/2018 tanggal 30 Mei 2018, Pengadilan Negeri Tenggarong memperingati hari lahir Pancasila pada hari ini Jum’at tanggal 1 Juni 2018. Upacara tersebut dihadiri seluruh hakim, pejabat struktural dan fungsional serta staf dan honorer. Bertindak selaku pembina upacara Wakil Ketua Pengadilan Negeri Tenggarong Bapak Jon Sarman Saragih,SH.,M.Hum.

Upacara diawali dengan mengheningkan cipta dan pembacaan Pancasila yang dipimpin oleh Pembina Upacara, lalu disusul dengan pembacaan pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yang dibawakan oleh Bapak Husni Staf Honorer Bidang Kepaniteraan Perdata.

Selanjutnya pembacaan sambutan Presiden RI Joko Widodo yang disampaikan oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Tenggarong Bapak Jon Sarman Saragih,SH.,M.Hum.

Dalam sambutannya, Joko Widodo menyampaikan bahwa Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Soekarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945 dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945.

“Adalah jiwa besar para foundhing fathers, para Ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita,” tandas Presiden RI Joko Widodo dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Tenggarong Bapak Jon Sarman Saragih,SH.,M.Hum.

Presiden Joko Widodo juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menjaga perdamaian, menjaga persatuan dan menjaga persaudaraan. Selain itu, Joko Widodo meminta agar masyarakat Indonesia bersikap santun, toleran dan saling menghormati.

“Mari kita saling bahu membahu dan bergotong royong demi kemajuan Indonesia,” pungkas Joko Widodo yang mantan Gubernur DKI Jakarta.

Upacara peringatan hari lahirnya Pancasila di Pengadilan Negeri Tenggarong berjalan dengan tertib dan sukses.

Tenggarong, Pada hari Senin tanggal 21 Mei 2018 bertempat di halaman depan Gedung Pengadilan Negeri Tenggarong Kelas 1B telah diselenggarakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke 110 tahun 2018. Upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke 110 tahun 2018 tersebut diselenggarakan dengan mengusung tema “Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional Indonesia di Era Digital”.

 Adapun tujuan diadakannya upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke 110 tahun 2018 tersebut adalah untuk terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan jiwa nasionalisme kebangsaan kita sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan, menegakkan nilai-nilai demokrasi berlandaskan moral dan etika berbangsa dan bernegara, mempererat persaudaraan untuk mempercepat terwujudnya visi dan misi bangsa kita ke depan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pada upacara ini Ketua Pengadilan Negeri Tenggarong Kelas 1B tidak dapat Bertindak sebagai Inspektur upacara dikarenakan untuk menghadiri Undangan Upacara Bendera di Kantor Bupati Kutai Kartanegara, sedangkan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Tenggarong Kelas 1B sedang melaksanakan cuti tahunan, maka yang ditunjuk sebagai penindak Inspektur Upacara yaitu Hakim Pengadilan Negeri Tenggarong Kelas 1B Ibu Titis Tri Wulandari,SH.S.Psi.M.Hum, Komandan Upacara Bapak H.M. Albaidani,SH Petugas Pengibar Bendera adalah Sdr. M. Fathur Al Fattah, Sdr. Shobirin Noor, dan Sdr. M. Yusuf Petugas Pembacaan Teks Undang-undang Dasar 1945 adalah Bapak M. Husni,SH.

Tenggarong, pada hari Kamis tanggal 29 Maret 2018, Tim TAPM Pengadilan Negeri Tenggarong kelas 1B Bapak H. Makmur,SH.,MH selaku Top Manager (TM) serta Ketua, Bapak Jon Sarman Saragih,SH.,M.Hum selaku Quality Manager Representative (QMR) serta Wakil Ketua, Ibu Ari Listyawati,SH selaku Perwakilan Hakim, Bapak M.Hasyid Sahar,SH selaku Document Control (DC) serta Sekretaris dan M. Fathur Al Fattah selaku Staf DC.  Berkunjung ke Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur di Samarinda dengan tujuan Menyerahkan pemberkasan File Akreditasi Esistensi Tahap IV pada pertemuan tersebut Ketua Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur Bapak   Dr. H. Soedarmdji,SH.M.Hum kebetulan tidak ditempat dikarenakan sedang cuti tahunan maka penyerahan pemberkasan ini disampaikan kepada Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur Bapak Mas Hushendar, SH. MH

(Gambar.01. Pembahasan dan penyampaian pemberkasan file akreditasi tahap IV)

Pertemuan ini berlangsung di ruang Wakil Ketua, adapun yang disampaikan oleh Wakil Ketua PT Bapak Mas Hushendar,SH.MH bahwa untuk pemberkasan ini saya terima namun untuk survelan berikutnya tidak lagi menggunakan pemberkasan manual melainkan menggunakan audio visual agar pemberkasan ini lebih terkontrol dan terarah,tutur beliau.

(Gambar.02. penyampaian oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur)

Tenggarong, Pada hari Rabu tanggal 14 Maret 2018 Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur berkunjung ke Pengadilan Negeri Tenggarong Kelas 1B guna Pelaksaan Jadwal Audit Surveilan Tahap IV Akreditasi Penjaminan Mutu bulan Juli – Desember 2017 pada Pengadilan  Negeri Tenggarong Kelas 1B dan pelaksanan tersebut selama 2 hari, mulai hari Rabu tanggal 14 Maret 2018 sampai dengan Kamis tanggal 15 Maret 2018.

(gambar 01. Terlihat Ketua Tim Auditor PT. KALTIM Bapak Dr. H. Soedarmadji,SH.,M.Hum melakukan sidak langsung kesiapan petugas PTSP)

Adapun susunan anggota beserta tugas pelaksana Audit Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur Yaitu Dr. H. Soedarmadji,SH.,M.Hum selaku Ketua Tim Audit sekaligus Ketua Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur, Bapak Poltak Sitorus,SH.,MH selaku Lead Auditor sekaligus Hakim Tinggi, Bapak H. Mahfud Saifullah,SH selaku Auditor sekaligus Hakim Tinggi, Bapak Railam Silalahi,SH.,MH selaku Hakim Tinggi sekaligus hakim Tinggi, Drs. Yusrizal,MH selaku Auditor sekaligus Sekretaris Pengadilan Tinggi, Drs. Gusti Taufiki,SH selaku Auditor sekaligus Panitera Muda Pidana, Bapak Andre Zulkarnain,SH selaku dokumentasi sekaligus Ajudan KPT, Bapak Muhadi,SE selaku Auditor sekaligus Sekretaris Tim. Kedatangan tim ini melakukan Audit Exsternal untuk yang pertama dalam penilaian akreditasi penjaminan mutu Pengadilan Negeri Tenggarong Kelas 1B.

(Gambar 02. Tim Lead Auditor Bapak Poltak Sitorus,SH.,MH melakukan uji coba penggunakan Fasilitas ATR)

Bertempat di ruang sidang Cakra Pengadilan Negeri Tenggarong Kelas 1B, Ketua tim Akreditasi penjaminan mutu Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur menyampaikan beberapa hasil catatan dan saran terkait kegiatan penilaian Pengadilan Negeri Tenggarong Kelas 1B. Dari hasil penilaian tersebut didapatkan kesimpulan bahwa, ada beberapa aspek yang memerlukan pembenahan dan perbaikan maka daripada itu sekiranya memperbaiki semua hasil temuan dalam jangka waktu yang ditentukan.

(Gambar 03. Penandatangan Nota Kesepahaman)

Hasil penilaian tersebut apa yang disampaikan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur lumrah adanya penemuan karena tidak luput dari suatu kesalahan, maka dengan adanya akreditasi ini terus dilakukan pembinaan dan arahan-arahan yang sekiranya lebih baik kedepannya, walau demikian tidak menyurutkan semangat Pengadilan Negeri Tenggarong Kelas 1B untuk melakukan perubahan dan bertekad untuk memperbaiki semua hasil temuan dan tetap optimis untuk mempertahankan penilaian Akreditasi yang telah diraih.
(Gambar04. Acara Penutupan dengan foto bersama)

Layanan Prima, Putusan Berkualitas!