Tenggarong, Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2016 menentukan bahwa tanggal 1 Juni 1945 ditetapkan sebagai hari lahir Pancasila. Selain itu, Keppres tersebut juga menentukan bahwa tanggal 1 Juni merupakan hari libur nasional dan pemerintah bersama seluruh komponen bangsa dan masyarakat Indonesia memperingati hari lahir Pancasila.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas dan sesuai pula dengan surat Sekretaris Mahkamah Agung RI No. 318/SEK.00/05/2018 tanggal 30 Mei 2018, Pengadilan Negeri Tenggarong memperingati hari lahir Pancasila pada hari ini Jum’at tanggal 1 Juni 2018. Upacara tersebut dihadiri seluruh hakim, pejabat struktural dan fungsional serta staf dan honorer. Bertindak selaku pembina upacara Wakil Ketua Pengadilan Negeri Tenggarong Bapak Jon Sarman Saragih,SH.,M.Hum.

Upacara diawali dengan mengheningkan cipta dan pembacaan Pancasila yang dipimpin oleh Pembina Upacara, lalu disusul dengan pembacaan pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yang dibawakan oleh Bapak Husni Staf Honorer Bidang Kepaniteraan Perdata.

Selanjutnya pembacaan sambutan Presiden RI Joko Widodo yang disampaikan oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Tenggarong Bapak Jon Sarman Saragih,SH.,M.Hum.

Dalam sambutannya, Joko Widodo menyampaikan bahwa Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Soekarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945 dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945.

“Adalah jiwa besar para foundhing fathers, para Ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita,” tandas Presiden RI Joko Widodo dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Tenggarong Bapak Jon Sarman Saragih,SH.,M.Hum.

Presiden Joko Widodo juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menjaga perdamaian, menjaga persatuan dan menjaga persaudaraan. Selain itu, Joko Widodo meminta agar masyarakat Indonesia bersikap santun, toleran dan saling menghormati.

“Mari kita saling bahu membahu dan bergotong royong demi kemajuan Indonesia,” pungkas Joko Widodo yang mantan Gubernur DKI Jakarta.

Upacara peringatan hari lahirnya Pancasila di Pengadilan Negeri Tenggarong berjalan dengan tertib dan sukses.

Layanan Prima, Putusan Berkualitas!