•  
  • http://pn-tenggarong.go.id
Profil dan Sejarah
Diposting tanggal: 28 Juni 2011

Pengadilan Negeri Tenggarong berdiri sejak Tahun 1963 beralamat Jalan Ki Hajar Dewantara. Dan pada Tahun 1975 Pengadilan Negeri Tenggarong pindah di Jalan A. Yani No. 16 menempati gedung baru yang di resmikan pada Tanggal 23 September 1975 Oleh Bapak M. .Jusran Saifuddin, SH Ketua Pengadilan Tinggi Kalimantan Selatan/Tengah/Timur.

Sejak Tahun 1975 Pengadilan Negeri Tenggarong berstatus Kelas 11 A, dan pada Tahun 2003 Pengadilan Negeri Tenggarong Naik Kelas Menjadi Kelas I B. Sejak Tahun 1975 Wilayah Hukum Pengadilan Negeri Tenggarong meliputi Kabupaten Kutai Kartaegara, Kota Bontang, Kabupaten Kutai Timur dan Kabupaten Kutai Barat. Karena Pada Tahun 2003 ada pemekaran Daerah Kota Bontang dan Kabupaten Kutai Timur sehingga Wilayah Hukum Kota Bontang dan Kabupaten Kutai Timur berdiri sendiri dan Pengadilan Negeri Tenggarong dikarenakan memiliki Pengadilan Negeri sendiri. Dan Pada Tahun 2007 ada lagi pemekaran Daerah Kabupaten Kutai Barat maka Pengadilan Melak Kabupaten Kutai Barat juga berdiri Sendiri dan Wilayah Hukum Pengadilan Negeri Tengarong dikarenakan telah memiliki Pengadilan Negeri Sendiri. Sejak Tahun 2007 Wilayah Hukum Pengadilan Negeri Tenggarong hanya meliputi Wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara.

Sejak bulan Juli tahun 2011 Gedung Kantor Pengadilan Negeri Tenggarong di bongkar dan dengan rencana pembangunan Kantor Baru, sehingga untuk sementara waktu kegiatan Kantor Pengadilan Negeri Tenggarong beralih ke Jalan Imam Bonjol Nomor 89 Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara.

Pada tahun 2013 bangunan gedung Pengadilan Negeri Tenggarong telah selesai, sehingga sesuai kesepakatan maka pada tanggal 22 Mei 2013 Gedung Pengadilan Negeri Tenggarong serta 39 gedung pengadilan tingkat pertama telah diresmikan oleh Ketua MA, DR.HM HATTA ALI, SH., MH yang dipusatkan di Pengadilan Negeri Tenggarong, Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Dalam acara tersebut turut hadir Wakil Ketua MA bidang Yudisial, Wakil Ketua MA bidang Non Yudisial, Para Ketua Muda, Para Ketua Pengadilan Tinggi, Para Pejabat Eselon I dan II pada MA, dan para undangan lainnya.